Identitas Matakuliah Ekonomi Politik Media :
Ekonomi Politik Media merupakan matakuliah yang memberi dasar pemahaman dan kemampuan menganalisis kepada mahasiswa tentang media (media massa dan media baru), bukan saja sebagai sumber informasi dan hiburan, tetapi sebagai lembaga ekonomi dan politik. Termasuk dalam konteks itu adalah bagaimana kekuatan ekonomi dan kebijakan negara (politik) mempengaruhi perkembangan industri media dan isi media (media content) di Indonesia maupun di dunia.

Capaian Pembelajaran Lulusan :
1. Mahasiswa memahami proses dan dampak aspek ekonomi politik terhadap konten dan lembaga media, baik di Indonesia maupun dalam lingkup internasional.
2. Mahasiswa memiliki kemampuan dalam berpikir logis, kritis, analitis, kreatif terhadap lembaga media yang dipengaruhi oleh kekuatan ekonomi dan politik nasional maupun global.

Capaian Pembelajaran Matakuliah :
1. Mahasiswa mampu mengidentifikasikan keterkaitan dan hubungan saling mempengaruhi antara variabel-variabel ekonomi dan politik media.
2. Mahasiswa mampu menjelaskan ruang lingkup dan teori ekonomi politik media.
3. Mahasiswa mampu menunjukkan hubungan antara kekuatan ekonomi dan politik dengan industri dan isi media dalam pendekatan ekonomi politik dan mengaitkannya dengan kasus.
4. Mahasiswa mampu menyimpulkan dan mengkritisi hubungan pekerja dan pemilik media dalam konteks ekonomi politik di lingkup nasional maupun global

Buku Referensi :
• The Political Economy of Communication, Vincent Mosco. Sage Publication. 2009.
• Marx and The Political Economy of Media, Christian Fuchs and Vincent Mosco. Library of
Congress Cataloging in Publication Data. 2015.
• Social Media A Critical Introduction, Christian Fuchs, Sage Publication. 2014
• Ekonomi Politik Media, Catur Nugroho, Sedayu Sukses Makmur. 2020

Identitas Dosen Pengampu
Nama : Catur Nugroho, S.Sos., M.IKom
Email : denmasnuno@telkomuniversity.ac.id