Mata Kuliah : Rupa Dasar
Kode Mata Kuliah : FBK1AAB4
SKS : 4
Semester : 1
Prodi S1 Desain Produk – Fakultas Industri Kreatif
Profil dan Sejarah Mata Kuliah
Pada mata kuliah ini, mahasiswa akan diajak untuk melatih kepekaan terhadap unsur dan prensip seni rupa dan desain, memperdalam pemahaman tentang bagaimana elemen-elemen tersebut berinteraksi dalam menghasilkan sebuah karya. Tidak hanya itu, mahasiswa juga akan menggunakan berbagai material dan teknik tau metode komposisi dalam menghasilkan karya 2 dimensi dan 3 dimensi.
Relevansi Mata Kuliah
Mata kuliah Rupa Dasar merupakan mata kuliah wajib yang menjadi landasan utama bagi mahasiswa dalam memahami bahasa rupa sebagai dasar dalam berkarya di bidang seni rupa dan desain.
Kaitan dengan Mata Kuliah Lain
Mata kuliah Rupa Dasar mendukung sebagai dasar dalam proses berpikir kreatif mahasiswa dan mendukung mata kuliah Studi Kreatif dan Studio Desain Produk pada semester atau tingkat selanjutnya.
Program Learning Outcomes (PLO)
PLO 3 - Penguasaan keragaman metode desain produk industri; menguasai metode, proses, dan pendekatan desain untuk mengembangkan visi inovatif dan konsep produk melalui eksplorasi, eksperimen, dan penterjemahan riset.
PLO 8 - Mampu mengabstraksikan kualitas gagasan yang dihasilkan melalui tulisan dan bagan visual ditunjukkan melalui portfolio karya desain produk.
Course Learning Outcomes (CLO)
[PLO 3] CLO 1 - Mahasiswa mampu mengetahui unsur dan prinsip seni rupa dan desain.
[PLO 3] CLO 2 - Mahasiswa mampu memahami bahasa rupa dan keragaman metode yang digunakan dalam rupa dasar.
[PLO 8] CLO 3 - Mahasiswa mampu membuat karya rupa dasar 2D dan 3D berdasarkan prinsip seni rupa dan desain.
Sub-CLO
Sub-CLO-1 Mahasiswa mampu mengetahui unsur dan prinsip seni rupa dan desain pada sebuah karya.
Sub-CLO-2 Mahasiswa mampu memahami bahasa rupa dan ragam metode yang digunakan dalam rupa dasar.
Sub-CLO-3 Mahasiswa mampu membuat alternatif sketsa nirmana 2D titik berdasarkan prinsip-prinsip seni rupa dan desain.
Sub-CLO-4 Mahasiswa mampu menciptakan karya besar nirmana 2D titik berdasarkan prinsip-prinsip seni rupa dan desain.
Sub-CLO-5 Mahasiswa mampu membuat alternatif sketsa karya nirmana 2D garis berdasarkan prinsip-prinsip seni rupa dan desain.
Sub-CLO-6 Mahasiswa mampu menciptakan karya nirmana 2D garis berdasarkan prinsip-prinsip seni rupa dan desain.
Sub-CLO-7 Mahasiswa mampu membuat gradasi warna primer dengan menggabungkan warna merah, biru, dan kuning.
Sub-CLO-8 Mahasiswa mampu menciptakan karya nirmana 2D gradasi warna primer berdasarkan prinsip-prinsip seni rupa dan desain.
Sub-CLO-9 Mahasiswa mampu membuat alternatif modul karya nirmana 3D kertas berdasarkan prinsip-prinsip seni rupa dan desain.
Sub-CLO-10 Mahasiswa mampu menciptakan beberapa alternatif komposisi modul karya nirmana 3D kertas berdasarkan prinsip-prinsip seni rupa dan desain.
Sub-CLO-11 Mahasiswa mampu menghasilkan satu komposisi dari susunan modul nirmana kertas yang paling efektif dalam menyampaikan pesan atau konsep yang direncanakan.
Sub-CLO-12 Mahasiswa mampu menciptakan kesatuan karya yang utuh melalui penyatuan modul kertas yang telah dibuat dengan cermat dan harmonis.
Sub-CLO-13 Mahasiswa mampu menghasilkan beberapa sketsa alternatif nirmana 3D string art yang kreatif dan bervariasi.
Sub-CLO-14 Mahasiswa mampu merancang dan membuat pola nirmana 3D string art dengan presisi yang tinggi di atas alas kayu, serta memasang paku dengan penempatan yang akurat sesuai dengan desain yang telah ditentukan.
Sub-CLO-15 Mahasiswa mampu memasang benang dengan presisi yang tinggi, menghasilkan karya nirmana 3D string art yang memiliki detail dan tekstur yang konsisten.
Sub-CLO-16 Mahasiswa mampu menyelesaikan proses pembuatan nirmana 3D string art serta menyusun portofolio karya digital untuk mata kuliah Rupa Dasar.
Rencana Pembelajaran Mata Kuliah Berbasis
e-Learning (Navigasi Belajar Mandiri Secara Online)
- Mahasiswa mengakses materi pembelajaran berbentuk video presentasi.
- Rangkuman materi disediakan dalam bentuk slide presentasi dalam lecture note, yang dapat diakses ole mahasiswa sebagai bahan belajar.
- Dalam setiap video materi ada quiz dalam bentuk pertanyaan singkat.
- Setiap selesai satu pokok bahasan, maka ada assigment yang harus dikerjakan sebagai bentuk evaluasi tiap pokok bahasan oleh mahasiswa.
- Perhatikan setiap materi video yang ada, quiz pada video mengacu pada materi tersebut.
- Untuk recalling materi bisa dipelajari pada Lecture Note.
- Jika ada yang perlu dipertanyakan atau diskusi silahkan menggunakan Forum Diskusi.
Sertifikasi yang Berkaitan
Belum ada
Dosen (Tutor) Pengampu
Nurul Fitriana Bahri, S.Ds., M.Ds.
Referensi Mata Kuliah
Pustaka Utama
- Hendriyana, H., & Ds, M. (2022). Rupa Dasar (Nirmana): Asas dan Prinsip Dasar Seni Visual. Penerbit Andi.
- Hendriyana, H., & Ds, M. (2022). Metodologi Penelitian Penciptaan Karya Practice-Led Research and Practice-Based Research Seni Rupa, Kriya, Dan Desain–edisi Revisi. Penerbit Andi.
- Wong, Wucius. (1996). Beberapa Asas Merancang Dwimatra. Bandung: Penerbit ITB.
- Hendriyana, H., & Ds, M. (2022). Metodologi Penelitian Penciptaan Karya Practice-Led Research and Practice-Based Research Seni Rupa, Kriya, Dan Desain–edisi Revisi. Penerbit Andi.
- Pengajar: RIFA ANNISA
- Pengajar: NURUL FITRIANA BAHRI
- Pengajar: MOHAMMAD ISA PRAMANA KOESOEMADINATA
- Pengajar: SUPRIATNA SUPRIATNA