Nama Matakuliah : Visual Merchandise (Product Promotion)
Kode MK : FAK4BIB2
SKS : 2 SKS
Deskripsi Matakuliah
Visual Merchandise adalah mata kuliah wajib peminataan Advertising, yang dirancang untuk memberikan pemahaman dan keterampilan dalam menciptakan tampilan visual yang menarik untuk produk dan ruang pameran. Fokus dari mata kuliah ini adalah pada teknik dan strategi yang digunakan untuk meningkatkan daya tarik dan penjualan produk melalui penataan estetika dan fungsional. Serta mengetahui tren terbaru dalam visual merchandising dan bagaimana menerapkannya dalam konteks ritel modern. Sehingga dapat meningkatkan ketertarikan konsumen dan mendorong pembelian sebuah produk.
Capaian Pembelajaran dan Pokok Bahasan
Program Learning Outcomes
PLO 10
Kemampuan menganalisisis permasalahan, melakukan identifikasi dan mendefinisikan kebutuhan komputasi yang bersesuaian dengan solusi.
CLO 1
[PLO-10] CLO 1 - Mampu membuat konsep perancangan karya media desain komunikasi visual. [C6p]
- What is Visual Merchandising?
- The History and Evolution of Visual Merchandising
- Visual Merchandising in Multiple Chain Store
- In-Store Visual Merchandising
- Visual Merchandising and Omnichannel Retail
- Store Design and Planning
- Eksterior Display
- Store Interiors
- Window, Decor and Props
- Signage, Lighting, Fixtures, Mannequins and Form
- Understanding and Influencing How Shopper Navigate Your Store
- Store Design factors
- Capturing Customer Attention
- Store Atmosphere
- Experential Store Design
Referensi
- Schaefer, Kate. 2021. Swipe, Scan, Shop, Interactive Visual Merchandising. United Kingdom: Bloomsbury Publishing
- Ebster, Claus,. Marion Garaus. 2015. Store Design and Visual Merchandising, Creating Store Space That Encourages Buying. New York: Business Expert Press
- Morgan, Tony. 2011. Visual Merchandising, Window and in-store displays for retail. London: Laurence King Publishing
- Pengajar: AISYI SYAFIKARANI