Mata kuliah Bengkel Mekanikal dan Elektrikal diselenggarakan pada semester 1 dengan bobot 3 SKS menggunakan Kurikulum 2016 Program Studi D3 Teknik Telekomunikasi.

Mata kuliah Bengkel Mekanikal dan Elektrikal adalah mata kuliah wajib program studi D3 Teknologi Telekomunikasi yang diselenggarakan pada semester 1. Memiliki bobot 1 sks dengan komposisi kuliah tatap muka dikelas dan praktek di laboratorium bengkel mekatronika. Tatap muka di kelas dilakukan 1 (satu) jam setiap minggunanya selama 14 minggu. Pemberian materi di kelas bertujuan untuk memberikan teori yang menunjang kegiatan praktek sehingga mahasiswa memiliki kesiapan pada saat praktek berlangsung. Materi yang diberikan di kelas antara lain: penggunaan AutoCAD untuk pembuatan desain objek 2 dimensi dan 3 dimensi, pengenalan serta penggunaan perkakas mekanika. Praktek bengkel mekanika dilakukan sebanyak 7 pertemuan (2 teori dan 4 jam praktek tiap pertemuan) dan didampingi oleh asisten.

Mata kuliah ini bertujuan memberikan kemampuan motorik , kemampuan aplikasi praktis yang ditunjukan melalui praktek mulai dari desain produk mekanika sederhana dengan menggunakan tools AutoCad hingga mengimplementasikannya menjadi produk, dengan menggunakan alat-alat mekanik sederhana, seperti gergaji, bor, stemping, kikir dan mesin gerinda. Pada bagian kelistrikan diberikan wawasan pengetahuan mengenai Catu Daya yang meliputi sistem kelistrikan catuan utama, transformator, generator set, ats (automatic transfer switch), regulator, sistem konversi (rectifier, inverter), sistem proteksi, serta pengetahuan mengenai prinsip kerja dari sebuah sistem catu daya secara umum, dan catu daya pada sistem telekomunikasi.