1. Identitas Mata Kuliah UX Writing
Kode Mata Kuliah : FAK4DHB3
Rumpun Ilmu : Desain
SKS : 2 SKS
Semester : Ganjil
2. Deskripsi Mata Kuliah
UX Writing merupakan mata kuliah pilihan Program Studi S1 Desain Komunikasi Visual Telkom University. UX Writing adalah disiplin dalam desain pengalaman pengguna (UX) yang fokus pada pembuatan teks dan kata-kata yang muncul di antarmuka pengguna produk digital, seperti situs web, aplikasi seluler, atau perangkat lunak. Tujuannya adalah untuk membuat pengalaman pengguna yang lebih baik dengan mengarahkan pengguna untuk berinteraksi dengan produk dengan cara yang diinginkan. Mahasiswa diharapkan dapat mempertimbangkan konteks, pemahaman target pengguna, dan prinsip-prinsip desain pengalaman pengguna untuk menyampaikan pesan dengan efektif dan memperkuat keseluruhan pengalaman pengguna produk digital.3. Capaian Pembelajaran
Program Learning Outcomes (PLO) PRODI | ||||||||||||||||||
PLO-10 | Mampu merencanakan dan membuat konsep perancangan karya media komunikasi visual melalui riset dan analisis multidisiplin | |||||||||||||||||
Course Learning Outcomes (CLO) | PLO yang didukung | |||||||||||||||||
CLO-1 | [PLO-10] CLO 1 - Mampu merencanakan (C6f) perancangan konsep karya media komunikasi visual melalui riset dan analisis multidisiplin | PLO-10 | ||||||||||||||||
CLO-2 | [PLO-10] CLO 2 - Mampu membuat (C6p) konsep perancangan karya media komunikasi visual | PLO-10 |
4. Tabel Penilaian
5. Daftar Pustaka
Utama:
1. Podmajersky, T. (2019). Strategic Writing for UX. O'Reilly Media.
2. Kubie, S. (2020). Writing for Designers. New Riders.
3. Tham, J. C. K., Howard, T., & Verhulsdonck, G. (2024). UX Writing: Designing User-Centered Content. Routledge.
4. Metts, M. J., & Welfle, A. (2020). Writing is Designing: Words and the User Experience. Rosenfeld Media.
Pendukung:
1. Razi, AA., Mutiaz, IR., & Setiawan, P. 2018. Penerapan Metode Design Thinking pada Model Perancangan UI/UX Aplikasi Penanganan Laporan Kehilangan dan Temuan Barang Tercecer. Jurnal Demandia.
- Pengajar: ARIA AR RAZI
Skill Level: Beginner