INOVASI GRAFIS
0%
Previous
Course data
DGJ3G3-32511 INOVASI GRAFIS
Nomor Kontak Dosen Pengampu:
PB 1: Konsep, Pengertian, dan Definisi Inovasi
Forum Pertemuan 1
Materi Ajar Definisi dan Konsep Inovasi
Video 1: Studi Kasus Inovasi pada Pandemi Covid-19
GDH4D3 - INOVASI GRAFIS - PB01 - M1 - DEFINISI INOVASI
GDH4D3 - INOVASI GRAFIS - PB01 - M2 - JENIS-JENIS INOVASI
GDH4D3 - INOVASI GRAFIS - PB01 - M3 - RUANG LINGKUP INOVASI
GDH4D3 - INOVASI GRAFIS - PB01 - M4 - PRINSIP UTAMA INOVASI
PB 2: Ruang Lingkup dan Proses Inovasi
Forum Pertemuan 2
Materi Ajar Tentang Proses Inovasi
Tugas- Mencari Topik Permasalahan
Video 2: Studi Kasus Vending Machine di Jepang
GDH4D3 - INOVASI GRAFIS - PB02 - M1 - RELASI INOVASI _ GRAFIS
GDH4D3 - INOVASI GRAFIS - PB02 - M2 - INOVASI GRAFIS SEBAGAI SOLUSI
GDH4D3 - INOVASI GRAFIS - PB02 - M3 - MEDIA INOVASI GRAFIS
GDH4D3 - INOVASI GRAFIS - PB02 - M4 - ADVANCE MEDIA
GDH4D3 - INOVASI GRAFIS - PB02 - M5 - LASER CUT DAN PRINTING 3D
PB 3: Pemahaman tentang analisa permasalahan dengan pendekatan berpikir design thinking, systems thinking, critical thinking, dan creative thinking
Forum Pertemuan 3
Materi Ajar tentang Pendekatan Berpikir Inovasi
Video 3: Pemahaman terkait design thinking, creative thinking, dan critical thinking
GDH4D3 - INOVASI GRAFIS - PB03 - M01 - KENAPA BERINOVASI
GDH4D3 - INOVASI GRAFIS - PB03 - M02 - 7 MODE PROSES DESAIN INOVASI
GDH4D3 - INOVASI GRAFIS - PB03 - M03 - MODE 1 MEMAHAMI TUJUAN
GDH4D3 - INOVASI GRAFIS - PB03 - M04 - MODE 2 MENGETAHUI KONTESD
GDH4D3 - INOVASI GRAFIS - PB03 - M05 - MODE 3 MENGENAL MASYARAKAT
GDH4D3 - INOVASI GRAFIS - PB03 - M06 - MODE 4 MENYUSUN GAGASAN
GDH4D3 - INOVASI GRAFIS - PB03 - M07 - MODE 5 MENGEKSPLORASI KONSEP
GDH4D3 - INOVASI GRAFIS - PB03 - M08 - MODE 6 MENYUSUN SOLUSI
GDH4D3 - INOVASI GRAFIS - PB03 - M09 - MODE 7 MEREALISASIKAN PENAWARAN
GDH4D3 - INOVASI GRAFIS - PB03 - M10 - SOLUSI INOVASI
PB 4: Teknik Observasi dan Pengamatan Lapangan
Forum Pertemuan 4
Materi Ajar Tentang Teknik Observasi dan Pengamatan Lapangan
Video 4: Memahami Analisa Masalah dengan Teknik 5 Whys
GDH4D3 - INOVASI GRAFIS - PB04 - M1 - DEFINISI ROOT CAUSE ANALYSIS
GDH4D3 - INOVASI GRAFIS - PB04 - M2 - BASIC CAUSE
GDH4D3 - INOVASI GRAFIS - PB04 - M3 - ROOT CAUSE ANALYSIS
GDH4D3 - INOVASI GRAFIS - PB04 - M4 - REFRAMING THE PROBLEM
GDH4D3 - INOVASI GRAFIS - PB04 - M5 - PROCESS RCA
GDH4D3 - INOVASI GRAFIS - PB04 - M6 - CAUSE MAPPING
GDH4D3 - INOVASI GRAFIS - PB04 - M7 - TUGAS 1
PB 5: Memahami Masalah dengan Reframing The Problem
Kuis 1 (WAJIB DIKERJAKAN)
Video 5: Tentang Reframing The Problem
Materi Ajar Reframing The Problem
GDH4D3 - INOVASI GRAFIS - PB05 - M1 - MENGAPA OBSERVASI
GDH4D3 - INOVASI GRAFIS - PB05 - M2 - AKTIFITAS OBSERVASI
GDH4D3 - INOVASI GRAFIS - PB05 - M3 - KATEGORI OBSERVASI
GDH4D3 - INOVASI GRAFIS - PB05 - M4 - RUMUS AIUEO
GDH4D3 - INOVASI GRAFIS - PB05 - M5 - POP QUIZ
PB 6: Memahami Masalah dengan Roots Cause Analysis
Forum Pertemuan 6
Materi Ajar Tentang Roots Cause Analysis
Tugas Makalah 1- Analisis Akar Masalah
Video 6: Memahami Masalah dengan Teknik 5 Whys
GDH4D3 - INOVASI GRAFIS - PB06 - M1 - FRAMEWORK
GDH4D3 - INOVASI GRAFIS - PB06 - M2 - METODE PENGUMPULAN DATA
GDH4D3 - INOVASI GRAFIS - PB06 - M3 - IDENTIFIKASI FAKTOR PENYEBAB
GDH4D3 - INOVASI GRAFIS - PB06 - M4 - 5 WHYS
GDH4D3 - INOVASI GRAFIS - PB06 - M5 - CAUSE EFFECT DIAGRAM
GDH4D3 - INOVASI GRAFIS - PB06 - M6 - POP QUIZ
PB 7: Presentasi Hasil Observasi
Forum Pertemuan 7
Tugas Presentasi 1- Hasil Observasi dan Analisis Akar Masalah
GDH4D3 - INOVASI GRAFIS - PB07 - M1 - INOVASI, BISNIS DAN DESIGN
GDH4D3 - INOVASI GRAFIS - PB07 - M2 - DESIGNER DAN PEMIKIRAN DESIGN
GDH4D3 - INOVASI GRAFIS - PB07 - M3 - DESIGN THINKING
GDH4D3 - INOVASI GRAFIS - PB07 - M4 - IMPERATIVES DALAM PRINSIP DESIGN
GDH4D3 - INOVASI GRAFIS - PB07 - M5 - 8 PRINSIP DESIGN GRAFIS
GDH4D3 - INOVASI GRAFIS - PB07 - M6 - POP QUIZ
PB 8: Pengumpulan Tugas Makalah dan Presentasi
Pengumpulan Tugas Makalah dan Presentasi
PB 9: Pengolahan Ide dengan Brainstorming
Forum Pertemuan 9
Video 7: Studi Kasus Film Gods Must Be Crazy Bottle Scene
GDH4D3 - INOVASI GRAFIS - PB08 - M1 - PENGERTIAN INOVASI
GDH4D3 - INOVASI GRAFIS - PB08 - M2 - ASAL - USUL KREATIVITAS
GDH4D3 - INOVASI GRAFIS - PB08 - M3 - INOVASI , INVENSI , DAN DISCOVERY
GDH4D3 - INOVASI GRAFIS - PB08 - M4 - TAHAPAN KREATIF
GDH4D3 - INOVASI GRAFIS - PB08 - M5 - MODEL KREATIFITAS
GDH4D3 - INOVASI GRAFIS - PB08 - M6 - PROSES BERFIKIR KREATIF
GDH4D3 - INOVASI GRAFIS - PB08 - M7 - AMATI, TIRU, DAN MODIFIKASI
PB 10: Pengolahan Ide dengan Teknik SCAMPER
Forum Pertemuan 10
Video 8: Teknik Berpikir Kreatif Brainstorming dan Scamper
Video 9: Studi Kasus Collins Smart Touch Technology
GDH4D3 - INOVASI GRAFIS - PB09 - M1 - TEKNIK PENGEMBANGAN PRODUK
GDH4D3 - INOVASI GRAFIS - PB09 - M2 - SUBTITUTION
GDH4D3 - INOVASI GRAFIS - PB09 - M3 - COMBINE
GDH4D3 - INOVASI GRAFIS - PB09 - M4 - ADAPT
GDH4D3 - INOVASI GRAFIS - PB09 - M5 - MODIFY
GDH4D3 - INOVASI GRAFIS - PB09 - M6 - PUT ANOTHER TO USE
GDH4D3 - INOVASI GRAFIS - PB09 - M7 - ELIMINATE
GDH4D3 - INOVASI GRAFIS - PB09 - M8 - RE-ARANGE
GDH4D3 - INOVASI GRAFIS - PB09 - M9 - TUGAS 2
PB 11: Proses pembuatan ide desain inovasi berdasarkan prinsip desirability, viability, dan feasibility
Percakapan Pertemuan 11
Tugas- Mencari Ide Kreatif dengan SCAMPER
GDH4D3 - INOVASI GRAFIS - PB10 - M1 - SALURAN KOMUNIKASI VISUAL
GDH4D3 - INOVASI GRAFIS - PB10 - M2 - PENGENALAN KHALAYAK SASAR
GDH4D3 - INOVASI GRAFIS - PB10 - M3 - MENDESAIN PESAN INOVASI
GDH4D3 - INOVASI GRAFIS - PB10 - M4 - MENETAPKAN METODE KOMUNIKASI
GDH4D3 - INOVASI GRAFIS - PB10 - M5 - PERANAN SUMBER KOMUNIKASI
GDH4D3 - INOVASI GRAFIS - PB10 - M6 - MEDIA GRAFIS
GDH4D3 - INOVASI GRAFIS - PB10 - M7 - VISUALISASI GRAFIS
PB 12: Proses Pembuatan Ide dan Konsep Kreatif
Forum Pertemuan 12
Kuis 2 (WAJIB DIKERJAKAN)
Tugas Presentasi 2: Perancangan Ide dan Konsep Inovasi
GDH4D3 - INOVASI GRAFIS - PB11 - M1 - VISUALISASI IMAJI
GDH4D3 - INOVASI GRAFIS - PB11 - M2 - METODE DESAIN GRAFIS
GDH4D3 - INOVASI GRAFIS - PB11 - M3 - PERKEMBANGAN METODE DESAIN
GDH4D3 - INOVASI GRAFIS - PB11 - M4 - DIVERGENT DAN KONVERGENT
GDH4D3 - INOVASI GRAFIS - PB11 - M5 - MODEL PEMECAHAN MASALAH
GDH4D3 - INOVASI GRAFIS - PB11 - M6 - METODE KOMUNIKASI VISUAL
PB 13: Proses perancangan dan presentasi ide desain grafis secara solutif, kreatif, dan eksploratif
Forum Pertemuan 13
Tugas Artbook Inovasi 2
GDH4D3 - INOVASI GRAFIS - PB12 - M1 - MENYUSUN GAGASAN
GDH4D3 - INOVASI GRAFIS - PB12 - M2 - PENGAMATAN GAGASAN
GDH4D3 - INOVASI GRAFIS - PB12 - M3 - PENYORTIRAN GAGASAN
GDH4D3 - INOVASI GRAFIS - PB12 - M4 - PITCH DECK UNTUK STARTUP
GDH4D3 - INOVASI GRAFIS - PB12 - M5 - SUMBER DANA INOVASI
GDH4D3 - INOVASI GRAFIS - PB12 - M6 - TEKNIK PITCH DECK
GDH4D3 - INOVASI GRAFIS - PB12 - M7 - INOVASI MENJADI BISNIS
PB 14: Proses perancangan dan presentasi ide desain grafis secara solutif, kreatif, dan eksploratif
Forum Pertemuan 14
GDH4D3 - INOVASI GRAFIS - PB13 - M1 - KOMUNIKASI KONSEP
GDH4D3 - INOVASI GRAFIS - PB13 - M2 - TANTANGAN DAN PELUANG
GDH4D3 - INOVASI GRAFIS - PB13 - M3 - DATA SEBAGAI CERITA
GDH4D3 - INOVASI GRAFIS - PB13 - M4 - KONSEP SOLUSI
GDH4D3 - INOVASI GRAFIS - PB13 - M5 - RENCANA ANGGARAN BIAYA
GDH4D3 - INOVASI GRAFIS - PB13 - M6 - SCHEDULE DAN TIMELINE
GDH4D3 - INOVASI GRAFIS - PB13 - M7 - PROTOTYPING DAN MOCK-UP
PB 15: Proses perancangan dan presentasi ide desain grafis secara solutif, kreatif, dan eksploratif
Forum Pertemuan 15
GDH4D3 - INOVASI GRAFIS - PB14 - M1 - BACKGROUND MASALAH
GDH4D3 - INOVASI GRAFIS - PB14 - M2 - TAHAP PENGEMBANGAN
GDH4D3 - INOVASI GRAFIS - PB14 - M3 - BIAYA PENGELUARAN
GDH4D3 - INOVASI GRAFIS - PB14 - M4 - PROJECT TIMELINE
GDH4D3 - INOVASI GRAFIS - PB14 - M5 - PRESENTASI PRODUK AKHIR
GDH4D3 - INOVASI GRAFIS - PB14 - M6 - HASIL TESTING PRODUK AKHIR
GDH4D3 - INOVASI GRAFIS - PB14 - M7 - FUTURE DEVELOPMENT
PB 16: Pengumpulan Artbook Berisikan Ide dan Konsep Inovasi
Pengumpulan Artbook Berisikan Ide dan Konsep Inovasi
Next
Panel samping
Bahasa Indonesia (id)
Bahasa Indonesia (id)
English (en)
Masukkan kueri pencarian
Masuk
DGJ3G3-32511
Depan
Loncat ke konten utama
Info Kursus
Depan
Kursus
FAKULTAS INDUSTRI KREATIF (FIK)
PRODI S1 DESAIN KOMUNIKASI VISUAL (FIK)
DGJ3G3-32511
Penjelasan
INOVASI GRAFIS
Pengajar:
ARIEF BUDIMAN
Pengajar:
IDHAR RESMADI